Mangtukang. Rumah minimalis adalah rumah dengan konsep pengaturan perabot sesedikit mungkin dengan design yang modern. Rumah minimalis terinspirasi dari gaya hidup Zen berasal dari Jepang, dimana semakin sedikit perabotan yang dimiliki semakin nyaman dan tenang tempat tinggal tersebut. Rumah minimalis memiliki beberapa tipe, type 21, type 36, type 45, type 60 dan banyak lagi. Yang dimaksud dengan angka pada type ini adalah ukuran bangunan rumah dalam skala meter persegi. Akan tetapi ada juga rumah minimalis dengan type 45/60 yang berarti luas bangunan rumah adalah 45 meter persegi dan luas tanah adalah 60 meter persegi.

Jika Anda ingin memiliki rumah minimalis sendiri, mulailah langkah Anda tersebut dengan menentukan konsep rumah minimalis yang diidamkan. Dari situ Anda bisa membuat anggarannya kemudian baru berusaha mengumpulkan modal. Rumah minimalis memang lebih nyaman ditempati bagi keluarga kecil yang lebih menyukai konsep perabotan minim di dalam rumah, sehingga lebih mudah dirawat dan praktis untuk diletakkan di dalam rumah.

Rumah minimalis itu bisa Anda peroleh dengan mencarinya atau membangunnya. Jika lebih suka model rumah yang sudah jadi dan tinggal menempatinya saja maka Anda bisa mencarinya dengan berburu rumah di lokasi-lokasi strategis. Sementara itu, untuk mendapatkan rumah minimalis idaman sesuai dengan konsep orisinil maka  Anda bisa membangun sendiri.

Biasanya konsep membangun atau membuat rumah minimalis ini biayanya bervariasi. Bisa saja lebih kecil atau lebih besar ketimbang rumah yang sudah jadi. Semua biaya akan tergantung pada pilihan material, bahan bangunan dan perlengkapan atau aksesori yang digunakan.  Sebagai panduan Anda yang sedang berencana membuat rumah minimalis sebagai hunian masa depan,